Aksi Nyata Fasilitator Pembelajaran
(Praktik Fasilitasi Dalam Sesi Pembelajaran Kelas)
Deskripsi:
Praktik fasilitasi dalam sesi pembelajaran kelas menggunakan metode dengan visible routine "See-Think-Wonder".
See-Think-Wonder: merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh fasilitator dalam pembelajaran untuk memfasilitasi pemahaman refleksi, dan pemikiran kritis siswa-siswi.

Teknik See-Think-Wonder melibatkan 3 langkah utama:
  1. Melihat: Mengamati secara visual dan membaca dengan penuh perhatian.
  2. Berpikir: Secara kritis merenungkan dan menganalisis informasi, supaya dapat memikirkan koneksi dengan pengetahuan sebelumnya. 
  3. Bertanya-tanya: Mendorong siswa-siswi untuk menggali lebih dalam, mengembangkan rasa ingin tahu dan melihat situasi dari berbagai sudut pandang perspektif.
Tujuan:
  • Untuk mendorong peserta didik melakukan pengamatan yang cermat dan pemaknaan yang seksama.
  • Metode See-Think-Wonder dapat membantu untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik dan menyediakan ruangan untuk penyelidikan.
Pendidik sebagai Fasilitator:
  • Memfasilitasi pembelajaran aktif.
  • Memfasilitasi pemecahan masalah mandiri.
  • Memberikan pemahaman yang mendalam.
  • Mendorong kolaborasi.
  • Menyediakan umpan balik dan refleksi.
Demikian Contoh Aksi Nyata Lulus Validasi: Aksi Nyata Fasilitator Pembelajaran - Praktik Fasilitasi Dalam Sesi Pembelajaran Kelas. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar juga subscribe, follow, like & share. Terima Kasih.

Anda juga bisa klik tautan di bawah untuk melihat beberapa contoh worksheet dan LKPD yang sudah ready: 
➽➽➽ Dapatkan Worksheet & LKPD 📜

😉 Stays with Studi SD :) Thanks.