Aksi Nyata Fasilitator Pembelajaran
(Praktik Fasilitasi Dalam Sesi Pembelajaran Kelas)
Deskripsi:
Praktik fasilitasi dalam sesi pembelajaran kelas menggunakan metode dengan visible routine "See-Think-Wonder".
See-Think-Wonder: merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh fasilitator dalam pembelajaran untuk memfasilitasi pemahaman refleksi, dan pemikiran kritis siswa-siswi.
Teknik See-Think-Wonder melibatkan 3 langkah utama:
- Melihat: Mengamati secara visual dan membaca dengan penuh perhatian.
- Berpikir: Secara kritis merenungkan dan menganalisis informasi, supaya dapat memikirkan koneksi dengan pengetahuan sebelumnya.
- Bertanya-tanya: Mendorong siswa-siswi untuk menggali lebih dalam, mengembangkan rasa ingin tahu dan melihat situasi dari berbagai sudut pandang perspektif.
Tujuan:
- Untuk mendorong peserta didik melakukan pengamatan yang cermat dan pemaknaan yang seksama.
- Metode See-Think-Wonder dapat membantu untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik dan menyediakan ruangan untuk penyelidikan.
Pendidik sebagai Fasilitator:
- Memfasilitasi pembelajaran aktif.
- Memfasilitasi pemecahan masalah mandiri.
- Memberikan pemahaman yang mendalam.
- Mendorong kolaborasi.
- Menyediakan umpan balik dan refleksi.
Demikian Contoh Aksi Nyata Lulus Validasi: Aksi Nyata Fasilitator Pembelajaran - Praktik Fasilitasi Dalam Sesi Pembelajaran Kelas. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar juga subscribe, follow, like & share. Terima Kasih.
Anda juga bisa klik tautan di bawah untuk melihat beberapa contoh worksheet dan LKPD yang sudah ready:
😉 Stays with Studi SD :) Thanks.















0 Komentar
Salam Rahayu 🙏 Terima Kasih untuk kunjungan Anda